oleh

10 Kebiasaan Baik Dapat di Lakukan Sebelum Tidur

PasioNews.com, Gaya Hidup – Ada enggak sih hal-hal yang rutin kamu lakukan sebelum tidur? Kegiatan atau kebiasaan di malam hari ternyata bakal mempengaruhi kualitas istirahat dan suasana hati setelah bangun tidur, loh. Nah, biar tidur lebih nyenyak, sehat, dan bangun dengan lebih segar, yuk coba untuk mulai membiasakan diri melakukan kebiasan-kebiasan baik ini

1. Mandi Air Hangat

Jika kondisi tubuh berkeringat dan lengket setelah beraktivitas seharian ada baiknya kamu mandi sebelum tidur. Mandi sebelum tidur dapat membantu proses seseorang untuk tertidur dengan lelap. Gunakanlah air hangat untuk merelaksasi tubuh, hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan istirahat kamu. Pastikan juga kamu tidur setelah menggosok gigi, tubuh dalam keadaan yang bersih, dan menggunakan baju yang nyaman

2. Membaca

Membaca adalah kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Buat kamu yang mengalami kesulitan tidur, membaca juga dapat membantu kamu untuk dapat tidur dengan cepat.

3. Menulis

Menulis sebuah jurnal harian sebelum tidur dapat membersihkan pikiran seseorang. Tidak hanya itu, dengan menulis, kamu dapat meningkatkan kekuatan ingatan seseorang. Bahkan dapat membantu seseorang yang kesulitan tidur.

4. Meditasi

Luangkanlah waktu untuk menenangkan pikiran dengan melakukan meditasi sebelum tidur. Meditasi memberikan banyak manfaat kesehatan loh, salah satunya kamu dapat memperoleh tidur yang lebih nyenyak sepanjang malam.

5. Merencanakan Esok Hari

Merencanakan segala sesuatu untuk esok hari sebelum tidur adalah hal yang harus kamu biasakan. Pikirkan apa saja rencana yang akan kamu lakukan, persiapkan semuanya seperti baju yang akan dikenakan, peralatan yang dibutuhkan dan lainnya. Sehingga tidak perlu membuang waktu di keesokan harinya.

6. Minum Air Mineral

Hindari meminum alkohol dan minuman mengandung kafein sebelum tidur, sebab dapat membuat kualitas tidur kondusif untuk beristirahat. Sebaiknya, minumlah susu dan air mineral sebelum tidur, hal ini dapat mempercepat seseorang tertidur.

7. Olahraga

Melakukan gerakan tubuh sederhana sebelum tidur rupanya dapat membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur yang baik loh. Olahraga sederhana juga dapat membuat tubuh terasa lebih segar ketika bangun keesokan harinya.

8. Matikan Alat Elektronik

Cahaya yang terpancar dari ponsel atau televisi sebenarnya dapat mengganggu siklus tidur manusia. Jika kamu bergantung pada perangkat tersebut, cobalah pelan-pelan untuk meninggalkan benda tersebut jauh dari jangkauan area tidur.

9. Waktu Tidur

Orang dewasa direkomendasikan untuk mendapatkan tidur selama tujuh sampai delapan jam per malam. Jika kurang dari itu, kemungkinan akan memengaruhi aktivitas kamu keesokan harinya. Maka aturlah waktu tidur kamu agar mendapatkan tidur yang cukup dan kualitas istirahat yang baik ya.

10. Berterima Kasih

Ketika kamu hendak bersiap tidur, jangan lupa untuk berterima kasih akan hal-hal yang sudah kamu alami. Ingat kembali pengalaman, kesuksesan, orang-orang baik yang kamu jumpai dan hal-hal positif lainnya. Kemudian, jangan lupa ucapkan terima kasih pada diri sendiri.

Sumber : beritabaik.id